Desain Rumah Sederhana Berbiaya Murah Dengan Budget 60 Juta

Salam Hangat,

Mendesain rumah sederhana berbiaya murah wajib kita lakukan jika dana yang tersedia jumlahnya terbatas, atau mungkin malah tidak mencukupi untuk proses pembangunan rumah.

Konsep Rumah Sederhana yang saya maksud disini berbeda dengan rumah minimalis, rumah sederhana lebih mengarah ke rumah rumah di pedesaan yang sederhana dari sisi desain, sederhana dari sisi dekorasi dan sederhana dari sisi luas lahan. 

Dengan membangun rumah sederhana tentunya akan menghabiskan biaya yang lebih ringan, lebih murah, apalagi ketika kita sudah berumah tangga dan mempunyai banyak pos alokasi anggaran sehari hari, baik untuk keperluan rumah tangga ataupun anak anak. 


Desain Rumah Sederhana Berbiaya Murah Dengan Budget 60 Juta

Untuk menghemat anggaran pembangunan rumah sederhana, ada beberapa komponen rumah yang bisa di tunda dulu pengerjaannya, misalnya :

Plafon

Pengerjaan pemasangan plafon sebenarnya bisa saja di tunda sampai anda mempunyai budget untuk merealisasikannya. Dengan tanpa dipasangnya plafon rumah, otomatis langit langit menjadi lebih tinggi dan sirkulasi udara menjadi lebih bebas, sehingga udara di dalam rumah terasa lebih sejuk daripada yang di pasangi plafon.

Keramik

Tidak hanya keramik lantai yang bisa di tunda pengerjaannya, bisa termasuk juga keramik kamar mandi serta keramik meja dapur. Untuk sementara lantai bisa di plester kasar jika pengerjaan pemasangan keramik dapat di realisasikan dalam waktu dekat, satu sampai dua tahun misalnya.

Teras Rumah

Desain Rumah Sederhana Berbiaya Murah Dengan Budget 60 Juta

Jika dana anda terbatas, pengerjaan teras rumah juga dapat dilakukan setelah tersedia anggaran yang lebih. Model teras rumah baik menggunakan dak, asbes, ataupun rangka kayu tetap saja membutuhkan biaya yang lumayan banyak jika termasuk cor tiang dak dan keramik teras rumah.

Sumur

Jika memang terpaksa, anda bisa saja menunda untuk membuat sumur. Tidak ada salahnya sementara waktu anda menumpang sumur saudara atau orang tua jika rumahnya memang berdekatan, anda cukup memasang pompa air dan pralon sendiri.

Plesteran Tembok

Beberapa bagian dari tembok rumah anda juga dapat di tunda dulu pengerjaan plesteran nya jika memang terpaksa. Anda bisa memilih bagian bagian tembok yang perlu dan bisa di tunda pengerjaan plesterannya.

Walaupun ada beberapa komponen rumah yang bisa di tunda pengerjaannya, ada juga beberapa komponen rumah yang tidak boleh di tunda pengerjaannya. Komponen komponen yang tidak bisa di tunda ini akan merupakan sarana dan prasarana yang vital dalam sebuah rumah tinggal, diantaranya :

Desain Rumah Sederhana Berbiaya Murah Dengan Budget 60 Juta

Kamar Mandi

Walaupun kita belum mempunyai sumur, kita wajib mempunyai kamar mandi. tidak hanya kamar mandi saja, namun lengkap dengan closed dan saluran pembuangan, termasuk peresapan dan septic tank. Repot kan kalau malam malam ingin ke kamar mandi, tetapi belum mempunyai kamar mandi.

Dapur Rumah

Mempunyai peranan penting dalam rumah tinggal, pengerjaan dapur rumah tidak boleh di tinggalkan. Walaupun belum bisa dibilang bagus, setidaknya kita mempunyai tempat menaruh kompor untuk memasak, tempat mencuci piring, dan meja untuk meletakkan makanan atau meja makan.

Instalasi Listrik

Sebaiknya instalasi listrik rumahan juga tidak boleh di lewatkan. Pemasangan kabel listrik baik untuk penerangan maupun sumber power bagi perangkat perangkat elektronik rumahan anda juga penting.

Disarankan untuk memakai kabel listrik serta perangkat perangkat termasuk saklar, stop kontak, MCB yang sesuai standar SNI, agar rumah anda aman dari gangguan yang diakibatkan oleh listrik. Perhatikan juga cara penyambungan listrik yang benar.

Desain Rumah Sederhana Berbiaya Murah Dengan Budget 60 Juta

Instalasi pengairan

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa air merupakan komponen penting untuk kehidupan, demikian juga halnya instalasi pengairan untuk rumah tinggal. Paling tidak anda perlu memasang pralon air sampai ke kamar mandi dan tempat mencuci piring serta mencuci baju untuk memudahkan kegiatan sehari hari anda.

Pertimbangkan juga untuk memasang tandon air dengan sensor otomatis. Hal ini di tujukan untuk menghemat listrik karena pompa air sering hidup mati dan agar kita mempunyai cadangan air ketika listrik padam.

Kamar Tidur

Ini yang paling penting, kamar tidur menjadi tempat kita paling banyak menghabiskan waktu dirumah terutama ketika malam hari. tempat dimana kita beristirahat setelah segala aktivitas kita di siang hari. Kamar tidur yang nyaman membuat kualitas tidur kita maksimal sehingga, tidur kita cukup dimalam hari dan menjadi segar ketika bangun keesokan harinya.

Budget 60 Juta

Apa iya kita bisa membangun rumah dengan budget awal 60 juta ? Bisa saja. Jika kita berpatokan dengan hal hal yang sudah saya uraikan diatas. Hal ini saya alami sendiri pada saat awal pembangunan rumah sederhana berbiaya murah milik saya.

Desain Rumah Sederhana Berbiaya Murah Dengan Budget 60 Juta


Bahkan sebenarnya dana awal yang saya miliki tidak sampai 60 juta, namun karena dukungan penuh dari keluarga, akhirnya saya mendapatkan pinjaman lunak sehingga bisa terkumpul sampai 60 juta untuk memulai pembangunan rumah.

Ukuran atau type yang disarankan untuk pembangunan rumah sederhana ini adalah type 36 atau type 30, sehingga bisa menekan anggaran biaya pembangunan. Tak perlu berkecil hati jika budget anda pas pasan untuk membangun rumah karena anda bisa memperbaiki atau mengerjakan beberapa komponen rumah seiring waktu berjalan.

Sudah dapat gambaran rumah sederhana berbiaya murah dengan budget 60 juta ?

Jadi apalagi yang di tunggu, segera wujudkan mimpi anda untuk memiliki rumah impian yang sederhana dan berbiaya murah mulai dari sekarang. Percayalah dimana ada kemauan, disitu ada jalan.

Salam hangat dari penulis dan hari yang beranjak malam saat artikel ini selesai di tulis.




This Is The Newest Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
This Is The Newest Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner