Cara Mudah Mendesain Rumah Impian yang Minimalis dan Sederhana

Salam Hangat,

Memiliki rumah sendiri merupakan keinginan kita semua, terlebih lagi ketika kita sudah berkeluarga dan mempunyai penghasilan yang cukup, kita akan mulai berpikir untuk memiliki rumah impian.

Tak perlu berandai andai, apakah kita mampu memiliki rumah dengan penghasilan yang kita miliki saat ini, yakinlah kita pasti bisa. Toh ada banyak jalan menuju roma, ada banyak cara untuk memiliki rumah. 
Desain rumah minimalis sebenarnya baru muncul sekitar satu dasawarsa terakhir. Merujuk dari kata rumah minimalis, seringkali di asosiasikan dengan rancangan bangunan yang menerapkan gaya terbaru, kekinian serta memiliki nuansa modern, terlihat sederhana dengan nilai estetika yang tinggi. 

Cara Mudah Mendesain Rumah Impian yang Minimalis dan Sederhana

Bagaimana dengan desain rumah minimalis yang menjadi idaman anda?. Sebenarnya ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan sebelum anda mendesain konsep rumah impian anda, kita bahas beberapa yang penting saja yaitu :

Luasan dan kepemilikan tanah. 

Apakah anda sudah memiliki tanah saat ini ? Mungkin saja anda sudah mempunyai tanah yang di hibahkan oleh orang tua anda dengan tujuan untuk dibangun rumah, atau masih ada sisa lahan di samping rumah orang tua anda yang bisa anda gunakan untuk membangun rumah minimalis. 

Jika demikian, anda tak perlu ragu, pada dasarnya orangtua kita akan sangat mendukung keinginan anak anaknya untuk hidup mandiri sepenuhnya. 

Nah dari luasan lahan yang sudah tersedia tersebut, anda bisa menentukan ukuran desain rumah minimalis yang akan anda bangun, luasan, type, serta jumlah kamar tidur. 

Namun jika anda belum memiliki lahan untuk membangun rumah dengan desain minimalis, tak perlu berkecil hati juga. Anda bisa menabung dulu untuk membeli lahan atau memanfaatkan fasilitas kredit / KPR yang dapat di gunakan dengan syarat dan ketentuan tertentu. 

Walaupun mungkin terlihat berat, kita harus optimis kita mampu. 

 Cara Mudah Mendesain Rumah Impian yang Minimalis dan Sederhana
KPR untuk membiayai desain rumah minimalis anda

Pembiayaan dan proses pembangunan.

Proses pembangunan desain rumah minimalis tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit, bisa menghabiskan puluhan bahkan ratusan juta. Jika anda mempunyai dana yang cukup, proses pembangunan rumah biasanya hanya memerlukan waktu sekitar 3-4 bulan saja untuk rumah tapak dengan satu lantai.

Bagaimana jika dana saya terbatas? Seringkali ini menjadi hambatan bagi kita untuk memulai proses pembangunan rumah. Anda bisa saja memanfaatkan fasilitas KPR ( Kredit Pembangunan Rumah ) hehe.. kredit semacam ini memang ada, termasuk kredit untuk renovasi rumah pun ada. 

Bisa juga dengan membagi proses pembangunan desain rumah minimalis anda menjadi beberapa tahap, dengan resiko tak bisa langsung di tempati, atau kalau terpaksa di tempati, dengan keadaan yang seadanya dulu. Misalnya tahap pertama dengan pembangunan pondasi rumah, tembok keliling ( belum di plester ), kusen kusen serta atap genteng. 

 Cara Mudah Mendesain Rumah Impian yang Minimalis dan Sederhana
Gambar desain rumah minimalis yang belum selesai

Kemudian tahap kedua, plester dinding tembok dan alas permukaan tanah, serta melengkapi atap, jika dalam tahap pertama belum tertutup genteng semua. Lalu pada tahap yang ketiga mulai membangun sarana dan prasarana pengairan, termasuk sumur, peresapan, septik tank, kamar mandi. 

Setelah tahap ketiga ini sebenarnya rumah minimalis  impian anda sudah bisa di tinggali, walaupun belum maksimal, setidaknya bisa dipakai berteduh. Yang terakhir yaitu tahap ke empat dengan memasang instalasi listrik, memasang plafon, memasang keramik serta pengecatan tembok, serta finishing finishing ringan. 

Tahapan pembangunan rumah tersebut bisa anda rencanakan untuk selesai dalam waktu beberapa tahun, tinggal di sesuaikan dengan budget pembangunan, dana yang dimiliki, serta desain rumah impian anda. 

Jika anda sudah berkeluarga, diskusikan juga tentang rencana ini bersama pasangan anda, agar kita bisa mengetahui juga desain rumah minimalis impian dari pasangan kita tersebut. Toh nantinya anda dan pasangan anda yang akan menempatinya. 

Contoh desain rumah minimalis sederhana

Konsep desain rumah minimalis sebenarnya tidak ada hubunganya dengan luasan lahan yang minimalis juga. Tetapi kadang kita salah memaknai desain rumah minimalis dengan rumah yang ukuran lahan dan type rumahnya kecil. 

Sebenarnya lebih ke konsep sederhana yang diaplikasikan ke desain interior atau exterior dalam suatu bangunan, dengan sedikit kombinasi material namun bernilai tinggi. 

Termasuk saya sendiri, inspirasi mendesain rumah minimalis sederhana saya dapatkan dari internet. Kita bisa juga mengambil contoh dari type type perumahan yang ditawarkan oleh pengembang pengembang di daerah anda.

Secara garis besar type dan desain rumah minimalis sederhana ini menjadi primadona baik bagi developer maupun bagi kita karena memang dianggap sebagai bentuk bangunan paling terkini.

Ada beberapa contoh gambar desain rumah minimalis sederhana yang saya tampilkan disini. Berikut diantaranya :

 Cara Mudah Mendesain Rumah Impian yang Minimalis dan Sederhana
Desain Rumah Minimalis dengan taman di halaman depan

Cara Mudah Mendesain Rumah Impian yang Minimalis dan Sederhana
Desain Rumah Minimalis dengan pagar minimalis

 Cara Mudah Mendesain Rumah Impian yang Minimalis dan Sederhana
Desain Rumah Minimalis dengan carport tanpa kanopi dan taman

 Cara Mudah Mendesain Rumah Impian yang Minimalis dan Sederhana
Desain Rumah Minimalis dengan Teras yang mewah

Cara Mudah Mendesain Rumah Impian yang Minimalis dan Sederhana
Desain Rumah Minimalis dengan taman kecil

Membangun rumah impian bukan hanya akan menjadi mimpi mimpi semu bagi kita. Membuat, mendesain serta merencanakan menjadi satu langkah awal dalam mewujudkannya.

Doa, usaha serta dukungan penuh dari keluarga akan membuat proses pembangunan rumah menjadi lebih mudah dilakukan. 

Salam hangat dari teras rumah kecil kami, bersama secangkir kopi hitam yang menemani di sore hari.  

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner