Cara Memasang Tandon Air Yang Benar, Bersih dari Lumut

Salam Hangat,

Sebagai salah satu bagian penting dari sistem pengairan / pemipaan air di sebuah rumah tinggal adalah dengan cara memasang tandon air atau yang biasa kita sebut dengan toren air. Ada banyak keuntungan yang kita dapatkan jika kita memasang tandon air di rumah kita. 

Keuntungan Memasang Tandon Air.

Salah satunya adalah menghemat konsumsi listrik yang di akibatkan oleh seringnya pompa air dinyalakan dan dimatikan karena tidak adanya tandon air yang terpasang. Semakin sering pompa air di nyalakan dan dimatikan, pastilah KWH Meter yang dipakai semakin banyak.
cara memasang tandon air yang benar bersih dari lumut

Selain itu, dengan cara memasang tandon air, anda juga secara tidak langsung memperoleh manfaat umur pemakaian mesin pompa air yang lebih panjang, karena semakin rendahnya frekuensi hidup mati dari mesin pompa air tersebut.

Kemudian yang tidak kalah pentingnya, dengan memasang tandon air, anda akan memiliki cadangan supply air yang ada di dalam tandon air jika saja tiba tiba terjadi insiden pemadaman listrik. Walaupun mungkin sudah tidak penuh isi tandon airnya, setidaknya kita tidak benar benar kehabisan air. 

Keuntungan selanjutnya dengan memasang tandon air yang jarang sekali kita pikirkan dengan yaitu, ketika proses pengisian tandon air, maka butiran butiran kecil pasir dari dalam sumur sebagian akan terbawa naik ke atas sampai ke toren air. 

Dengan adanya pemasangan tandon air ini maka butiran butiran pasir tersebut akan di endapkan di dasar tandon air. Sementara itu pipa pralon dari tandon air yang menuju ke kran air, ada beberapa cm diatas dasar tandon air sehingga endapan pasir pasir tersebut tidak terbawa sampai di kran.

Cara Memasang Tandon Air yang Benar.

Kebanyakan tandon air dipasang di bagian belakang rumah, yang dekat atau persis diatas kamar mandi. Pemasangan tandon air bisa di letakkan di dak rumah anda, menggunakan tower besi khusus, atau bisa juga memakai tiang cor.
cara memasang tandon air yang benar bersih dari lumut

Yang perlu diperhatikan dalam pemasangan tandon air adalah ketinggian tandon air tersebut. Tandon air kebanyakan dipasang pada ketinggian 3 meter dari lantai atau sekitar 2-2,5 m dari posisi kran air. Pipa pralon yang dipasang hendaknya lurus kebawah dan seminimal mungkin berbelok belok arahnya, agar tekanan airnya tidak berkurang.

Bagi anda yang merencanakan untuk memasang shower, dengan tanpa memakai pompa pendorong, ada baiknya tandon ait di letakkan minimal 4 m dari permukaan lantai, agar anda mendapatkan tekanan air yang memadai.

Gunakan juga hanya stop kran ( lihat gambar ) untuk shower tersebut, jangan sekali kali gunakan kran cabang. Jalur internal didalam kran cabang secara otomatis akan mengurangi tekanan air dari tandon sehingga shower anda akan terasa lambat.
Cara Pasang Tandon Air

Jangan lupa pasang dua stop kran. Satu stop kran pada pralon utama yang turun kebawah ke arah kran, sehingga memudahkan pada saat akan mengganti kran anda yang rusak. Pasanglah di tempat yang mudah terjangkau, sehingga anda tidak memerlukan tangga untuk meraihnya.

Kemudian pasanglah stop kran pada saluran pipa yang difungsikan untuk pengurasan atau pembersihan bagian dalam dari tandon air, agar tandon air tersebut mudah di kuras.

Pasanglah tandon air di tempat yang mudah terjangkau, agar gampang di kuras, gampang di bersihkan serta mudah jika harus dilakukan perbaikan paa instalasi pipa pralon pada tandon air tersebut. Saya sarankan anda untuk mengecek tandon air minimal sebulan sekali, untuk menjaga kualitas air yang ada didalamnya.

Cara Mudah Agar Tandon Air Bebas dari Lumut.

Hal menyebalkan yang sering kita temui di dalam tandon air adalah banyaknya lumut yang tumbuh subur dan berkembang. Selain meyebabkan air menjadi kotor dan tidak sehat, lumut juga dapat menjadi habitat / ekosistem bagi hewan hewan kecil seperti cacing dan yang lain lain.

Tentunya hal ini bukanlah sesuatu yang kita inginkan. Anda sendiri bisa membayangkan jika mengkonsumsi air yang berasal dari tandon yang kotor, selain rasa dan warna air yang bisa berubah, anda pun beresiko terserang penyakit.
cara memasang tandon air yang benar bersih dari lumut

Kombinasi dari panas matahari dan lingkungan lembab dikarenakan air dalam jumlah banyak membuat tandon air menjadi habitat yang nyaman untuk lumut dapat tumbuh subur.  Dengan menghilangkan salah satu unsur tersebut, kita bisa mencegah tumbuhnya lumut di dalam tandon air.

Cara agar tandon air bebas lumut dengan pengecatan dua lapis pada tandon air yang akan dipasang. Untuk lapisan pertama, tandon air dicat dengan cat kayu atau cat besi berwarna hitam. Usahakan semua sisi tandon tidak ada yang terlewatkan.

Setelah cat warna hitam tersebut benar benar kering, gunakan cat kayu atau cat besi untuk lapisan diatas cat warna hitam tersebut, bagian bawah tandon serta tutup tandon air juga jangan sampai terlewatkan. Letakkan tandon di tempat yang panas, sehingga cat benar benar kering.

Fungsi dari cat warna hitam untuk menghambat / menghalangi sinar matahari agar tidak mengenai dinding tandon air. Sedangkan cat warna putih berfungsi untuk memantulkan sinar matahari yang mengenai dinding tandon air tersebut.
cara memasang tandon air yang benar bersih dari lumut

Perpaduan warna cat tersebut sangat efektif untuk menjaga agar tandon air bebar dari lumut, bahkan untuk jangka waktu yang bertahun-tahun lamanya. 

Dengan sebagian besar sinar matahari sudah dipantulkan oleh cat warna putih, sebagian kecil sinar matahari yang merambat di dinding tandon air dihalangi oleh cat warna hitam, peluag sinar matahari untuk menembus dinding tandon air menjadi sangat kecil.

Jika dirasa perlu, anda bisa membuatkan semacam penutup untuk tandon air tersebut, bisa memakai genteng, bisa memakai asbes juga, untuk perlindungan yang maksimal.

Jika beberapa instalasi pipa paralon anda tidak semua berada didalam tembok, tidak ada salahnya anda juga mengaplikasikan cara pengecatan diatas untuk pipa paralon anda, agar terbebas juga dari tumbuhnya lumut.

Kebetulan cara memasang tandon air yang benar agar bersih dari lumut dengan cara pengecatan seperti diatas sudah diaplikasikan di tandon air rumah saya, dan hasilnya terbebas sama sekali dari lumut, walaupun sudah tiga tahun lebih.

Mungkin hanya butiran butiran pasir dari sumur saja yang perlu rutin kita bersihkan pada saat pengurasan tandon air.

Sekian dan salam hangat dari kami. 
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner